Abstract:
NURUL AULIA, Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Retensi
Pelanggan Pada BSI KCP Pontianak Ahamd Yani 1, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri
(IAIN).
Pontianak, 2024 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika
bisnis Islam terhadap Retensi Pelanggan serta untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh etika bisnis Islam terhadap Retensi Pelanggan pada BSI KCP
Pontianak Ahmad Yani 1.
Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif
Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis pendekatan assosiatif.
Populasi pada penelitian ini ditetapkan peneliti pada nasabah BSI KCP
Pontianak Ahmad Yani 1, dengan jumlah sampel 96 nasabah. Pengambilan
sampel dalam penelitan ini menggunakan metode probability sampling
dengan teknik yang digunakan adalah simple random sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke
nasabah sebanyak 96 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
Analisis Regresi Lincar Sederhana, Kemudian untuk Up instrumen
menggukan Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Uji Asumsi Klasik
menggunakan Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Heteroskedastisitas
sementara untuk Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (1) dan Uji Koefisien
Determinasi (R) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
berupa pengumpulan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh etika bisnis Islam terhadap
Retensi Pelanggan. berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2)
diperoleh angka sebesar 0,013 atau 1,3% artinya kombinasi variabel
independen (X) yaitu etika bisnis Islam terhadap variabel dependen (Y)
Retensi Pelanggan 1,3%.
Bedasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan data dapat
disimpulkan bahwa etika bisnis Islam dapat mempengaruhi retensi
pelanggan. Dengan menerapkan etika bisnis Islam dapat memberikan suatu
dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat
dengan Perusahaan.