PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 03 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Jumiati, Jumiati
dc.date.accessioned 2025-07-16T06:27:31Z
dc.date.available 2025-07-16T06:27:31Z
dc.date.issued 2025-06-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6842
dc.description.abstract JUMIATI, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan dianalisis dengan regresi linear sederhana menggunakan SPSS 22. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel data penelitian ini yaitu 48 peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur secara umum termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 70,83%. 2) Hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur, secara umum termasuk dalam kategori rendah dengan presentase 66,67%. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Hal ini dilihat dari hasil analisis menggunakan uji regresi membuktikan bahwa persamaan regresi diperoleh Y= 26,54+ 0,371. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Pancasila en_US
dc.title PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 03 PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account