dc.description.abstract |
JUMIATI, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan dianalisis dengan regresi linear sederhana menggunakan SPSS 22. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel data penelitian ini yaitu 48 peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur secara umum termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 70,83%. 2) Hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur, secara umum termasuk dalam kategori rendah dengan presentase 66,67%. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Hal ini dilihat dari hasil analisis menggunakan uji regresi membuktikan bahwa persamaan regresi diperoleh Y= 26,54+ 0,371. |
en_US |