dc.description.abstract |
TRI RAHMAWATI, Pengaruh Penggunaan Strategi small group discussion Terhadap Keterampilan Memainkan Alat Musik Pada Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (Musik) kelas VI di SDN 24 Sungai Kakap: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Pontianak 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang sulit memainkan alat musik faktor penyebabnya karena dalam proses pembelajaran tidak ada nya praktek memainkan alat musik dalam kelas hal ini membuat hambatan dalam proses belajar seni musik tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan kemampuan memainkan alat musik peserta didik kelas kontrol sebelum menggunakan strategi small group discussion pada pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) musik kelas VI SDN 24 Sungai Kakap.tahun pelajaran 2024/2025. 2) mendeskripsikan strategi small group discussion terhadap kemampuan memainkan alat musik peserta didik kelas VI pada pelajaran seni budaya dan prakarya (SBDP) musik di SDN 24 Sungai Kakap. 3) Untuk mendeskripsikan strategi small group discussion terhadap kemampuan memainkan alat musik peserta didik kelas eskperimen pada pelajaran (SBDP) musik kelas VI SDN 24 Sungai Kakap. 4) mendeskripsikan pengaruh strategi small group discussion terhadap kemampuan memainkan alat musik peserta didik pada pembelajaran seni budaya dan prakarya ( SBDP) musik kelas VI SDN 24 Sungai Kakap. Tahun ajaran 2024/2025.
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan metode berbentuk Quasi eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIa dan VIb SDN 24 Sungai Kakap. Teknik yang peneliti gunakan yaitu observasi, tes , dan dokumentasi.analisis data yaitu rubrik penilaian, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi.
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa, 1) kemampuan peserta didik dalam memainkan alat musik di kelas kontrol pada saat (pretest) dengan rata-rata skor 46.27 dan pada saat (posttest) 47.76 terdapat peningkatan sebesar 20,76 dengan kategori kurang ; 2) kemampuan peserta didik dalam memainkan alat musik di kelas eksperimen pada saat (pretest) dengan rata-rata 63.78 dan pada saat posttest 68.76 sehingga mengalami peningkatan sebesar 68,76 dengan kategori cukup hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis ( Uji mann-whitney) terlihat pada angka signifikan 0.38 menunjukan lebih besar dari signifikan 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi small group discussion terhadap kemampuan memainkan alat musik berpengaruh secara signifikan. |
en_US |