Abstract:
Winda Berliantina (12115044), “Analisis Faktor Faktor Yang
Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Belanja Online Pada Aplikasi Shopee
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2021 IAIN
Pontianak). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, diskon, dan
online customer riview terhadap minat mahasiswa dalam belanja online. Studi ini
dilakukan pada mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2021 di IAIN
Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 56 orang
dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner berupa kuesioner yang disebarkan melalui
media Google Form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program
SPSS versi 22.
Hasil pengujian dan analisis data menunjukan bahwa, promosi tidak
berpengaruh secara persial terhadap minat mahasiswa dalam belanja online pada
aplikasi Shopee dengan nilai t-hitung 0,812 < t-tabel 2,2002 dan nilai signifikan
yaitu 0,421 > 0,05. Diskon berpengaruh secara persial terhadap minat mahasiswa
dalam belanja online pada aplikasi Shopee dengan nilai t-hitung 2,881> t-tabel
2,2002 dengan nilai signifikan yaitu 0,006 < 0,05. Online customer review
berpengaruh secara persial terhadap minat mahasiswa dalam belanja online pada
aplikasi Shopee dengan nilai t-hitung 2,249 > 2,002 dengan nilai signifikan yaitu
0,029 < 0,05. Dari hasil uji simultan (uji F) dapat dilihat bahwa variabel promosi,
diskon, dan online customer review berpengaruh secara simultan terhadap minat
mahasiswa dalam belanja online pada aplikasi Shopee dengan nilai F hitung 22,323
> 2,06.