| dc.description.abstract | Winda Berliantina (12115044), “Analisis Faktor Faktor Yang 
Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Belanja Online Pada Aplikasi Shopee 
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2021 IAIN 
Pontianak). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, 
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, diskon, dan 
online customer riview terhadap minat mahasiswa dalam belanja online. Studi ini 
dilakukan pada mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2021 di IAIN 
Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 
kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 56 orang 
dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam 
penelitian ini menggunakan kuesioner berupa kuesioner yang disebarkan melalui 
media Google Form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program 
SPSS versi 22.
Hasil pengujian dan analisis data menunjukan bahwa, promosi tidak 
berpengaruh secara persial terhadap minat mahasiswa dalam belanja online pada 
aplikasi Shopee dengan nilai t-hitung 0,812 < t-tabel 2,2002 dan nilai signifikan 
yaitu 0,421 > 0,05. Diskon berpengaruh secara persial terhadap minat mahasiswa 
dalam belanja online pada aplikasi Shopee dengan nilai t-hitung 2,881> t-tabel 
2,2002 dengan nilai signifikan yaitu 0,006 < 0,05. Online customer review
berpengaruh secara persial terhadap minat mahasiswa dalam belanja online pada 
aplikasi Shopee dengan nilai t-hitung 2,249 > 2,002 dengan nilai signifikan yaitu 
0,029 < 0,05. Dari hasil uji simultan (uji F) dapat dilihat bahwa variabel promosi, 
diskon, dan online customer review berpengaruh secara simultan terhadap minat 
mahasiswa dalam belanja online pada aplikasi Shopee dengan nilai F hitung 22,323
> 2,06. | en_US |