Abstract:
Yuli Isnanda (12115018), “Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Dan
Harga Terhadap Penjualan Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pedagang
Pakaian Di Pasar Sudirman Jl. Nusa Indah II, Pontianak)”. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan digital
marketing dan harga terhadap penjualan di pasar tradisional sudirman pontianak.
Studi ini dilakukan pada pedagang pakaian yang berjualan di pasar sudirman Jl.
Nusa Indah II Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif untuk mengumpulkan data dan menganalisis data secara numerik.
Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 24 orang dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner berupa kuesioner yang disebarkan melalui
media Google Form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program
SPSS versi 22.
Hasil pengujian dan analisis data menunjukkan bahwa, digital marketing
tidak terdapat pengaruh parsial terhadap penjualan pedagang pakaian di pasar
tradisional sudirman Jl. Nusa Indah II Pontianak dengan nilai t-hitung 0,065 < t-
tabel 1,717 dan nilai signifikan yaitu 0,949 > 0,05. Harga berpengaruh parsial
terhadap penjualan pedagang pakaian di pasar tradisional sudirman Jl. Nusa Indah
II Pontianak dengan nilai t-hitung 4,229 > t-tabel 1,717 dan nilai signifikan yaitu
0,000 < 0,05. Dari hasil uji simultan (Uji F) dapat dilihat bahwa variabel digital
marketing dan harga berpengaruh secara simultan terhadap penjualan pedagang
pakaian di pasar tradisional sudirman Jl. Nusa Indah II Pontianak dengan nilai F
hitung sebesar 23,184 > F tabel 3,05.