dc.description.abstract |
Elsa Bella, Pengaruh Model Word Square Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 02 Nanga Suhaid Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Latar belakang dari penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila masih rendah yang disebabkan kurang pemahaman terhadap materi serta model pembelajaran word square belum pernah digunakan dalam pembelajaran tersebut. Tujua Penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh model word square terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas IV SDN 02 Nanga Suhaid Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV A sebanyak 20 dan B sebanyak 20 peserta didik SDN 02 Nanga Suhaid. Teknik pengumpulan data berupa pengukuran yaitu soal esai, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis berbantuan SPSS versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model word square tergolong masih rendah, dengan nilai rata-rata pre test 34 dan nilai rata-rata post test 56. 2) Pelaksanaan penerapan model word square yang dilaksanakan yaitu memiliki 8 langkah-langkah. 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan model word square adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pre test 49 dan nilai rata-rata post test 85,5. 4) berdasarkan hasil analisis data dengan uji effect size rumus cohen’s d diperoleh bahwa nilai 2,789, yang merupakan kategori tinggi dalam model word square terhadap hasil belajar peserta didik SDN 02 Nanga Suhaid. Dengan menggunakan model word square terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. |
en_US |