Abstract:
TYA AYU PERMANA (12101144). Penerapan Metode Sima’i Dalam
Meningkatkan Pemahaman Mufradat Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Kelas IX A Mtsn 1 Sintang Tahun 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya guru mata pelajaran Al
Qur‟an Hadis menerapkan metode sima’i yang dapat mempermudahkan siswa
dalam meningkatkan pemahaman menghafal mufradat atau kosakata yang
dimiliki. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis penerapan metode
sima’i dalam meningkatkan pemahaman mufradat pada mata pelajaran Al-Qur‟an
Hadis, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan
metode sima’i serta mengetahui hasil penerapan metode sima’i dalam
meningkatkan pemahaman mufradat pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas
IX A.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
teknik keabsahan datanya yaitu triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menjukan bahwa 1) Menganalisis penerapan metode
sima’i dalam meningkatkan pemahaman mufradat pada mata pelajaran Al-Qur‟an
Hadis kelas IX A MTsN 1 Sintang tahun 2024/2025. 2) Faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan metode sima‟i meningkatkan pemahaman mufradat
pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis. 3) Hasil penerapan metode sima’i dalam
meningkatkan pemahaman mufradat pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas
IX A MTsN 1 Sintang Tahun 2024/2025 yaitu metode ini dapat membantu siswa
dalam menghafal dan menyetorkan hafalannya. Yang dimana sebelumnya siswa
mendapatkan niai dibawah KKM yaitu 50-75 dan setelah diterapkan metode ini
siswa mendapatkan nilai KKM yaitu 80-98.