dc.description.abstract |
Tri Rahmawati Prihartanti NIM 12110010. Pengaruh pembelajaran
Berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS
materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai: 1) Bagaimana hasil
belajar IPAS peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan pembelajaran
berdiferensiasi pada materi kegiatan ekonomi SDN 20 Pontianak Selatan; 2)
Bagaimana hasil belajar IPAS
peserta didik kelas eksperimen dengan
menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada materi kegiatan ekonomi SDN 20
Pontianak
Selatan;
3)
Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran
berdiferensiasi, terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kegiatan ekonomi
kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen, dan menggunakan desain
Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas IV, dengan sampel terdiri dari kelas IV A dan IV B terdiri dari
54 peserta didik. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi, sedangkan teknik analisis
data mencakup uji instrumen, analisi deskriptif, uji prasyarat, serta uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil belajar peserta didik tanpa
menggunakan pembelajaran berdiferensiasi nilai rata-rata pre-test dan post-test
pada kelas kontrol masing-masing adalah 50,92 dan 71,29. 2) Hasil belajar peserta
didik dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi di kelas eksperimen,
dengan nilai rata-rata pre-test 47,22 dan post-test 80,55. 3) Berdasarkan hasil
belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menunjukan
hasil uji hipotesis, nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,001 dan 0,002 yang lebih kecil dari <0,05, yang menunjukan
terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan
kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas ( Pembelajaran
berdiferensiasi ) berpengaruh terhadap variabel terikat (Hasil Belajar ), sehingga
hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. |
en_US |