PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN 20 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Janah, Roikhatul
dc.contributor.author Prihartanti, Tri Rahmawati
dc.date.accessioned 2025-07-15T07:37:52Z
dc.date.available 2025-07-15T07:37:52Z
dc.date.issued 2025-06-30
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6826
dc.description.abstract Tri Rahmawati Prihartanti NIM 12110010. Pengaruh pembelajaran Berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai: 1) Bagaimana hasil belajar IPAS peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada materi kegiatan ekonomi SDN 20 Pontianak Selatan; 2) Bagaimana hasil belajar IPAS peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi pada materi kegiatan ekonomi SDN 20 Pontianak Selatan; 3) Bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi, terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SDN 20 Pontianak Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV, dengan sampel terdiri dari kelas IV A dan IV B terdiri dari 54 peserta didik. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi, sedangkan teknik analisis data mencakup uji instrumen, analisi deskriptif, uji prasyarat, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas kontrol masing-masing adalah 50,92 dan 71,29. 2) Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi di kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pre-test 47,22 dan post-test 80,55. 3) Berdasarkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menunjukan hasil uji hipotesis, nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 dan 0,002 yang lebih kecil dari <0,05, yang menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas ( Pembelajaran berdiferensiasi ) berpengaruh terhadap variabel terikat (Hasil Belajar ), sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Berdiferensiasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN 20 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account