PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VI DI SD NEGERI 26 PONTIANAK TENGGARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.author Herliana, Herliana
dc.date.accessioned 2025-07-15T07:21:16Z
dc.date.available 2025-07-15T07:21:16Z
dc.date.issued 2025-06-30
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6824
dc.description.abstract HERLIANA, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Kubus dan Balok Kelas VI di SD Negeri 26 Pontianak Tenggara. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses define, design, develop, dan disseminate dalam mengembangkan media pembelajaran “Pop Up Book” pada materi kubus dan balok kelas VI di SD Negeri 26 Pontianak Tenggara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Adapun sumber data pada penelitian ini ialah guru kelas VI B dan peserta didik kelas VI B. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah teknik wawancara, penilaian ahli, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi, lembar kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuatitatif. Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa, 1) Pada tahap define media pembelajaran pop up book belum pernah digunakan pada lokasi penelitian. Peserta didik cenderung menyukai pembelajaran dengan media visual, 2) Tahap design yaitu perancangan media pembelajaran yang akan dikembangkan, dimulai dari memilih media, menentukan format, dan mendesain background, cover serta mencetak media pop up book, 3) Tahap develop peneliti membawa hasil pengembangan media pembelajarab pop up book pada materi kubus dan balok kepada validator ahli. Terdapat empat validator, 2 validator media dan 2 validator materi. Penilaian yang didapat dari keempat validator memperoleh nilai koefisien validitas sebesar skor 1 dengan kategori “validitas sangat tinggi”. Selanjutnya diujicobakan secara terbatas kepada guru kelas VI B yang memperoleh skor persentase 88% dari respon guru, dan peserta didik kelas VI B yang memperoleh skor persentase 84% dengan kualifikasi “sangat sesuai”, 4) Tahap disseminate peneliti membatasi penyebarluasan hasil pengembangan media pop up book pada SD Negeri 26 Pontianak Tenggara. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Kubus dan Balok en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VI DI SD NEGERI 26 PONTIANAK TENGGARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account