Abstract:
Rini Safitri, Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam
Perkembangan Bahasa Reseftip Anak Usia Dini Di RA Al-Ma’arif
Tarbiatus Shibyan Desa Sungai Kunyit Hulu Kabupaten Mempawah Tahun
Ajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
(PIAUD) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Keterampilan berbicara menggunakan bahasa Indonesia pada anak
usia dini di RA Al-Ma’arif Tarbiatus Shibyan kelas B disebabkan karena
faktor
lingkunga,
keluarga.
Sehingga anak kurang memahami
menggunnakan bahasa Indonesia pada saat proses belajar mengajar.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang
menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri
dari guru dan peserta didik. Lokasi penelitianya di Ra Al-Ma’arif Tarbiatus
Shibyan Sungai Kunyit. Dalam teknik pengumpulan datanya, peneliti
menggunkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian
setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data yakni dengan
metode (reduksi data), penyajian data (display data), dan penarikan
kesimpulan (verivikasi data).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) metode pembelajaran
bahasa Indonesia dalam perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di RA
Al- Ma’arif Tarbiatus Shibyan adalah diantaranya menggunakan metode
bercerita, metode bercakap-cakap, metode bermain, metode bernyanyi
menggunakan musik dan metode bermain peran. 2) penggunaan bahasa
Indonesia dalam perkembangan bahasa reseptif anak usia dini di RA Al
Ma’arif Tarbiatus Shibyan kerap sekali diterapkan, karna bahasa daerah
sebagai bahasa pengantar untuk memahami atau mengenal bahasa
Indonesia. bahasa daerah halus pun kerap sekali di ajarkan di lembaga
tersebut hal ini dikarnakan masih dalam naungan lembaga pesantren seperti
halnya. 3) penggunaan bahasa Indonesia dalam perkembangan bahasa
reseftif anak usia dini di RA Al-Ma’arif Tarbiaatus Shibyan masih sangat
kurang, hal ini dikarnakan faktor lingkungan sehingga anak-anak
kekurangan kata ataau kurang memahami bahasa Indonesia. Sudah terdapat
beberapa metode yang digunakan diantaranya metode bercerita, metode
bercakap-cakap, metode bermain, metode bernyanyi menggunakan musik
dan metode bermain peran. Namun dengan beberapa metode ini yang sering
digunkan adalah metode bercakap-cakap bersama anak, dengan hal ini guru
bertujuan agar anak berinteraksi secara aktif dengan guru sehingga anak
mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.