Abstract:
Siti Farida, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan
Konsumen Toko Kosmetik Amora Beauty Channel Pontianak: Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen toko kosmetik Amora Beauty Channel
Pontianak; (2) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen toko kosmetik Amora
Beauty Channel Pontianak; (3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap
kepuasan konsumen toko kosmetik Amora Beauty Channel Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah berbelanja di Toko Kosmetik
Amora Beauty Channel Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling, yaitu pemilihan
sampel berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Jumlah
sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow karena jumlah populasi tidak
diketahui secara pasti. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan
sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner atau angket. Teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen; 2) Harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen; 3) Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.