Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author Wulandari, Riska
dc.date.accessioned 2025-07-14T07:22:33Z
dc.date.available 2025-07-14T07:22:33Z
dc.date.issued 2024-02-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6808
dc.description.abstract RISKA WULANDARI, Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran tematik, rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di karenakan cara berpikir peserta didik yang berbeda-beda dan pembelajaran yang diterapkan guru cenderung menoton sehingga kurang melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan strategi Learning Starts With A Question terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Yang dijabarkan menjadi beberapa tujuan khusus diantaranya: 1) Kemampuan dalam berpikir kritis kelas kontrol, 2) Kemampuan dalam berpikir kritis kelas eksperimen, 3) Penerapan strategi Learning Starts With A Question terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis kelas eksperimen, 4) Pengaruh penerapan strategi Learning Starts With A Question terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Non-Randomized Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Pontianak Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes, lembar observasi, dan kamera handphone. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis instrumen dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berkesimpulan bahwa pengaruh penerapan strategi LSQ terhadap kemampuan berpikir kritis didapatkan dari nilai F hitung sebesar 17,004 dengan tingkat signifikansi 0,001<0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun pengaruhnya sebesar 0,838 yang berada pada kategori sangat kuat . Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan strategi Learning Starts With A Question terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan kesimpulan diatas kemudian peneliti menjabarkan menjadi beberapa poin penting dari hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kemampuan berpikir kritis kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 30,24 dalam arti belum memenuhi kriteria ketuntasan dan berada pada kategori rendah. 2) Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata post-test Sebesar 72,8 dan berada pada kategori tinggi. Dan hasil uji t didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,001<0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan begitu adanya perbedaan rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen dan kontrol terhadap strategi LSQ. 3) Penerapan strategi LSQ berjalan dengan efektif sehingga memperoleh hasil 100%. 4) pengaruhnya sebesar 0,838 yang berada pada kategori sangat kuat . en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Learning Starts With A Question en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Tematik en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account