dc.description.abstract |
RISKA WULANDARI, Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With
A Question (LSQ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada
Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Timur:
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis
peserta didik pada mata pelajaran tematik, rendahnya kemampuan berpikir kritis
peserta didik di karenakan cara berpikir peserta didik yang berbeda-beda dan
pembelajaran yang diterapkan guru cenderung menoton sehingga kurang melatih
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan umum dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan strategi Learning Starts With A
Question terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Yang dijabarkan
menjadi beberapa tujuan khusus diantaranya: 1) Kemampuan dalam berpikir kritis
kelas kontrol, 2) Kemampuan dalam berpikir kritis kelas eksperimen, 3) Penerapan
strategi Learning Starts With A Question terhadap kemampuan peserta didik dalam
berpikir kritis kelas eksperimen, 4) Pengaruh penerapan strategi Learning Starts
With A Question terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif yang menggunakan Quasi Experimental Non-Randomized Pretest
Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12
Pontianak Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes, lembar
observasi, dan kamera handphone. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup
analisis instrumen dan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian berkesimpulan bahwa pengaruh penerapan strategi LSQ
terhadap kemampuan berpikir kritis didapatkan dari nilai F hitung sebesar 17,004
dengan tingkat signifikansi 0,001<0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun
pengaruhnya sebesar 0,838 yang berada pada kategori sangat kuat . Hal ini berarti
terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan strategi Learning Starts With A
Question terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan
kesimpulan diatas kemudian peneliti menjabarkan menjadi beberapa poin penting
dari hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kemampuan berpikir kritis kelas kontrol
mendapatkan nilai rata-rata pre-test sebesar 30,24 dalam arti belum memenuhi
kriteria ketuntasan dan berada pada kategori rendah. 2) Kemampuan berpikir kritis
kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata post-test Sebesar 72,8 dan berada
pada kategori tinggi. Dan hasil uji t didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,001<0,05 yang
menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan begitu adanya perbedaan
rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen dan kontrol terhadap strategi LSQ.
3) Penerapan strategi LSQ berjalan dengan efektif sehingga memperoleh hasil
100%. 4) pengaruhnya sebesar 0,838 yang berada pada kategori sangat kuat . |
en_US |