dc.description.abstract |
ANDINI JUMITA SARI, Analisis Pemanfaatan Aplikasi Bahan Ajar Tematik
Multimodal Berbasis Android Tema 8 Dalam Pembelajaran Blended Learning
Kelas V. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
2023.
Penelitian ini di latar belakangi oleh persoalan keterbatasan materi yang
diberikan oleh guru karena materi dan contoh atau pengembangannya masih
sebatas materi yang ada di buku saja, seperti komponen yang terdapat pada bahan
ajar tersebut masih berupa informasi-informasi yang sifatnya umum atau contoh
yang diberikan dalam bentuk teks maupun gambar. Dengan kata lain bahan ajar
tersebut masih belum memuat penjelasan yang lebih rinci baik secara teks ataupun
gambar sebagai contohnya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Yang produknya
sudah dikembangkan oleh peneliti lain, sehingga penelitian ini hanya pada tahap
uji
kelayakan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan saja. Penelitian ini
menggunakan Four-D Model yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap penetapan,
tahap perancang, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Tetapi pada
penelitian ini hanya melakukan pada tahap pengembangan saja, tidak mencakup
ketiga tahapan lainnya. Sumber data pada penelitian ini adalah dua dosen ahli
media atau materi, guru kelas V, dan siswa kelas V di SDN 68 Pontianak Barat.
Kemudian data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar instrumen, lembar
soal pilihan ganda, dan dokumentasi. Dan tehnik pengumpulan data dilakukan
melalui tiga tahap ,tahap yang pertama yaitu studi pendahuluan, lanjut ketahap
kedua yaitu pengembangan prototype, dan yang terakhir yaitu tahap uji.
Berdasarkan data dan hasil uji dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut:
Hasil rata-rata komulatif yang didapat dari uji Kelayakan yaitu 3,92 maka bahan
ajar yang dibuat dikateorikan yaitu Sangat Layak, selanjutnya rata-rata komulatif
yang didapat dari Uji Kepraktisan yaitu 3,85 maka bahan ajar yang dibuat
dikategorikan yaitu Sangat Praktis, dan yang terakhir Uji Keefektifan bahan ajar
yang dikembangkan sesuai dengan hasil Uji t (beda) didapat nilai t hitung sebesar -5,80626 dan nilai t tabel sebesar 2,059539. Maka sesuai dengan kriteria uji yang
telah ditetapkan, dengan nilai t hitung -5,80626 < nilai t tabel 2,059539
disimpulkan bahwa Hipotesis awal diterima karena terdapat pengaruh yang
signifikan dari Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android dalam
pembelajaran. Dari ketiga hal tersebut membuktikan bahwa Bahan Ajar Tematik
Multimodal Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Kelas V,
layak, praktis, serta efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. |
en_US |