Analisis Pemanfaatan Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android Tema 8 Dalam Pembelajaran Blended Learning Kelas V

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Jannah, Roikhatul
dc.contributor.author SARI, ANDINI JUMITA
dc.date.accessioned 2025-07-14T07:08:08Z
dc.date.available 2025-07-14T07:08:08Z
dc.date.issued 2024-02-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6807
dc.description.abstract ANDINI JUMITA SARI, Analisis Pemanfaatan Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android Tema 8 Dalam Pembelajaran Blended Learning Kelas V. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Penelitian ini di latar belakangi oleh persoalan keterbatasan materi yang diberikan oleh guru karena materi dan contoh atau pengembangannya masih sebatas materi yang ada di buku saja, seperti komponen yang terdapat pada bahan ajar tersebut masih berupa informasi-informasi yang sifatnya umum atau contoh yang diberikan dalam bentuk teks maupun gambar. Dengan kata lain bahan ajar tersebut masih belum memuat penjelasan yang lebih rinci baik secara teks ataupun gambar sebagai contohnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Yang produknya sudah dikembangkan oleh peneliti lain, sehingga penelitian ini hanya pada tahap uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan saja. Penelitian ini menggunakan Four-D Model yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap penetapan, tahap perancang, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Tetapi pada penelitian ini hanya melakukan pada tahap pengembangan saja, tidak mencakup ketiga tahapan lainnya. Sumber data pada penelitian ini adalah dua dosen ahli media atau materi, guru kelas V, dan siswa kelas V di SDN 68 Pontianak Barat. Kemudian data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar instrumen, lembar soal pilihan ganda, dan dokumentasi. Dan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap ,tahap yang pertama yaitu studi pendahuluan, lanjut ketahap kedua yaitu pengembangan prototype, dan yang terakhir yaitu tahap uji. Berdasarkan data dan hasil uji dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut: Hasil rata-rata komulatif yang didapat dari uji Kelayakan yaitu 3,92 maka bahan ajar yang dibuat dikateorikan yaitu Sangat Layak, selanjutnya rata-rata komulatif yang didapat dari Uji Kepraktisan yaitu 3,85 maka bahan ajar yang dibuat dikategorikan yaitu Sangat Praktis, dan yang terakhir Uji Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan hasil Uji t (beda) didapat nilai t hitung sebesar -5,80626 dan nilai t tabel sebesar 2,059539. Maka sesuai dengan kriteria uji yang telah ditetapkan, dengan nilai t hitung -5,80626 < nilai t tabel 2,059539 disimpulkan bahwa Hipotesis awal diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan dari Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android dalam pembelajaran. Dari ketiga hal tersebut membuktikan bahwa Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Kelas V, layak, praktis, serta efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Analisis en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.subject Multimodal en_US
dc.title Analisis Pemanfaatan Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android Tema 8 Dalam Pembelajaran Blended Learning Kelas V en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account