dc.description.abstract |
Destia Nurhahza. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Book Creator Pada Kelas IV MIN 2 Landak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal Desa Darit di MIN 2 Landak, untuk mengetahui kelayakan penggunaan aplikasi Book Creator untuk menyediakan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal Desa Darit di MIN 2 Landak, untuk mengetahui kepraktisan aplikasi bahan ajar berbasis kearifan lokal Desa Darit menggunakan aplikasi Book Creator pada pembelajaran pendidikan pancasila di MIN 2 Landak. Adapun Metode penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: difine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessemination (penyebaran).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Pendidikan Pancasila berbasis kearifan lokal menggunakan book creator pada kelas IV di MIN 2 Landak layak digunakan dengan persentase 100% dari ahli media dan 97% ahli materi. Sedangkan data uji kepraktisan oleh guru memperoleh skor 95% dengan kriteria sangat praktis, dan kepraktisan oleh peserta didik memperoleh skor 94% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahan ajar Pendidikan Pancasila berbasis kearifan lokal Menggunakan Book Creator pada kelas IV di MIN 2 Landak dapat diterapkan pada proses pembelajaran dan sangat layak untuk dikembangkan lebih lanjut. |
en_US |