dc.description.abstract |
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam
Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas
II SD Muhammadiyah I Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018: Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.2018
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi
yaitu guru menggunakan model pembelajaran seperti teacher centered atau
berdominasi diisi oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) aktvitas
belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebelum menggunakan model
kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun
ajaran 2017/2018; 2) pelaksanaan pembelajaran matematika setelah menggunakan
model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak
tahun ajaran 2017/2018; 3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika
setelah menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018; 4) peningkatan aktivitas
belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun
ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Penelitian ini terdiri dari dua kali pertemuan. Pertemuan pertama dan
kedua diberikan perlakuan dengan menggunakan model kooperatif tipe make a
match pada materi pokok operasi perkalian dan pembagian bilangan.
Hasil penelitian ini adalah 1) aktvitas belajar siswa dalam pembelajaran
matematika sebelum menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II
SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018, berdasarkan kategori
yang telah ditentukan tergolong sangat rendah yaitu dengan nilai 36,25%; 2)
pelaksanaan pembelajaran matematika setelah menggunakan model kooperatif tipe
make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018
telah terlaksana dengan baik, sesuai RPP yang telah direncanakan dan siswa ikut
aktif dalam proses pembelajaran; 3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran
matematika setelah menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II
SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan kategori yang
telah ditentukan tergolong rendah pada siklus I yaitu dengan nilai 49,25% dan
tergolong tinggi pada siklus II dengan nilai 61,25%; 4) terdapat peningkatan
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dari pra siklus ke siklus I
meningkat sebesar 13% dan siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12%.
Kata kunci: Aktvitas Belajar dan Model Kooperatif Tipe Make A Match. |
en_US |