Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas II SD Muhammadiyah I Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2018

Show simple item record

dc.contributor.author Hartinahningsih, Siti
dc.date.accessioned 2021-03-19T07:44:51Z
dc.date.available 2021-03-19T07:44:51Z
dc.date.issued 2018-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/67
dc.description.abstract Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas II SD Muhammadiyah I Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.2018 Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi yaitu guru menggunakan model pembelajaran seperti teacher centered atau berdominasi diisi oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) aktvitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebelum menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018; 2) pelaksanaan pembelajaran matematika setelah menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018; 3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018; 4) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua diberikan perlakuan dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match pada materi pokok operasi perkalian dan pembagian bilangan. Hasil penelitian ini adalah 1) aktvitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebelum menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018, berdasarkan kategori yang telah ditentukan tergolong sangat rendah yaitu dengan nilai 36,25%; 2) pelaksanaan pembelajaran matematika setelah menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018 telah terlaksana dengan baik, sesuai RPP yang telah direncanakan dan siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran; 3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika setelah menggunakan model kooperatif tipe make a match di kelas II SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan kategori yang telah ditentukan tergolong rendah pada siklus I yaitu dengan nilai 49,25% dan tergolong tinggi pada siklus II dengan nilai 61,25%; 4) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 13% dan siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12%. Kata kunci: Aktvitas Belajar dan Model Kooperatif Tipe Make A Match. en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas Belajar id
dc.subject Model Kooperatif id
dc.subject Make A Match en_US
dc.title Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas II SD Muhammadiyah I Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account