Abstract:
DIAN MARSYANDA, Regresi Linear Sederhana untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Media POBIA (Pop Up Book Matematika) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Peserta Didik SMP Negeri 7 Sungai Ambawang: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN Pontianak), 2025.
Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) pada materi bangun ruang sisi lengkung; 2) kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun ruang sisi lengkung; 3) signifikansi pengaruh penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Adapun untuk penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu) yang dirancang dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, sehingga sampel penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu kelas IX A dan IX B yang berjumlah 49 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: 1) observasi; 2) tes; dan 3) dokumentasi. Instrument yang digunakan peneliti, yaitu: 1) lembar observasi; 2) lembar pretest-posttest; serta 3) dokumentasi dan foto. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti, yaitu regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh: 1) penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) menunjukkan bahwa kualitas penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) sudah sangat baik dengan rata-rata 1 dan persentase sebesar 100%; 2) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menunjukkan rata-rata pretest eksperimen sebesar 42,12 dan rata-rata posttest sebesar 78,72, sedangkan rata-rata pretest kontrol sebesar 36,96 dan rata-rata posttest sebesar 68,54; 3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) dengan nilai signifikansi sebesar (<,001) < 0,05.