REGRESI LINEAR SEDERHANA UNTUK MENGANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POBIA (POP UP BOOK MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 SUNGAI AMBAWANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.author MARSYANDA, DIAN
dc.date.accessioned 2025-07-14T02:17:57Z
dc.date.available 2025-07-14T02:17:57Z
dc.date.issued 2025-06-18
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6794
dc.description.abstract DIAN MARSYANDA, Regresi Linear Sederhana untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Media POBIA (Pop Up Book Matematika) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Peserta Didik SMP Negeri 7 Sungai Ambawang: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN Pontianak), 2025. Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) pada materi bangun ruang sisi lengkung; 2) kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun ruang sisi lengkung; 3) signifikansi pengaruh penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Adapun untuk penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu) yang dirancang dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, sehingga sampel penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu kelas IX A dan IX B yang berjumlah 49 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: 1) observasi; 2) tes; dan 3) dokumentasi. Instrument yang digunakan peneliti, yaitu: 1) lembar observasi; 2) lembar pretest-posttest; serta 3) dokumentasi dan foto. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti, yaitu regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh: 1) penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) menunjukkan bahwa kualitas penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) sudah sangat baik dengan rata-rata 1 dan persentase sebesar 100%; 2) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menunjukkan rata-rata pretest eksperimen sebesar 42,12 dan rata-rata posttest sebesar 78,72, sedangkan rata-rata pretest kontrol sebesar 36,96 dan rata-rata posttest sebesar 68,54; 3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media POBIA (Pop Up Book Matematika) dengan nilai signifikansi sebesar (<,001) < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media POBIA (Pop Up Book Matematika) en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika en_US
dc.subject Bangun Ruang Sisi Lengkung en_US
dc.subject Regresi Linear Sederhana en_US
dc.title REGRESI LINEAR SEDERHANA UNTUK MENGANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POBIA (POP UP BOOK MATEMATIKA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 SUNGAI AMBAWANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account