Abstract:
Merry Rahmawati, Pengaruh Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
SMKN 3 Pontianak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor yang mempengaruhi proses
pembelajaran di kelas, antara lain: Guru masih menggunakan media pembelajaran
konvensional yang cenderung monoton dan berpusat pada guru. Sehingga saat
proses pembelajaran berlangsung peserta didik tidak fokus, mengantuk, bahkan
tidak memperhatikan sama sekali penjelasan guru. Hal tersebut menyebabkan
kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan media
kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al
Kulliyatu Al-Khamsah, 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X PH 1 SMKN 3 Pontianak,
dan 3) Pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kahoot terhadap hasil
belajar peserta didik kelas X SMKN 3 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya
quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian
ini dilakukan di SMKN 3 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah 1) Tes 2) Observasi dan 3) Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis
datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik
analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan data dan hasil analisis dengan menggunakan SPSS V.22
diperoleh hasil yaitu: 1) Penggunaan media kahoot pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah dilakukan dengan baik sesuai
langkah-langkah penggunaannya 2) Hasil belajar peserta didik dengan media
konvensional diperoleh rata-rata pre-test sebesar 48,5 dan post-test sebesar 69,5.
Sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media kahoot diperoleh
rata-rata pre-test sebesar 46,5 dan post-test sebesar 90,5. 2) Hasil uji determinasi
Model Summary diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.075 dengan tingkat signifikansi
0,011 < 0,05 dan nilai R square sebesar 0,310, maka pengambilan keputusan
hipotesis Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari
penggunaan media kahoot terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMKN 3
Pontianak dan besar pengaruh dari penggunaan media kahoot sebesar 31%
sedangkan 69% dipengaruhi oleh faktor lainnya.