Pengaruh Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 3 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Rahmawati, Merry
dc.date.accessioned 2025-07-10T03:48:03Z
dc.date.available 2025-07-10T03:48:03Z
dc.date.issued 2023-10-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6779
dc.description.abstract Merry Rahmawati, Pengaruh Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 3 Pontianak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di kelas, antara lain: Guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan berpusat pada guru. Sehingga saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik tidak fokus, mengantuk, bahkan tidak memperhatikan sama sekali penjelasan guru. Hal tersebut menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan media kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Al Kulliyatu Al-Khamsah, 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X PH 1 SMKN 3 Pontianak, dan 3) Pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMKN 3 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Tes 2) Observasi dan 3) Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan data dan hasil analisis dengan menggunakan SPSS V.22 diperoleh hasil yaitu: 1) Penggunaan media kahoot pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah dilakukan dengan baik sesuai langkah-langkah penggunaannya 2) Hasil belajar peserta didik dengan media konvensional diperoleh rata-rata pre-test sebesar 48,5 dan post-test sebesar 69,5. Sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media kahoot diperoleh rata-rata pre-test sebesar 46,5 dan post-test sebesar 90,5. 2) Hasil uji determinasi Model Summary diperoleh nilai Fhitung sebesar 8.075 dengan tingkat signifikansi 0,011 < 0,05 dan nilai R square sebesar 0,310, maka pengambilan keputusan hipotesis Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kahoot terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMKN 3 Pontianak dan besar pengaruh dari penggunaan media kahoot sebesar 31% sedangkan 69% dipengaruhi oleh faktor lainnya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Kahoot en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title Pengaruh Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 3 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account