Abstract:
Nurhasanah, peran guru pendidikan agama islam dalam
meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an di smpn 2 pontianak.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, untuk
mengetahui keterampilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Kedua,
Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan
membaca Al-Qur’an aspek kelancaran dalam membaca Al-Qur’an. Ketiga,
Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan
membaca Al-Qur’an aspek aspek membaca Al-Qur’an dengan kaidah tajwid.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif, dengan sumber datanya yaitu guru PAI kelas
IX dan peserta didik kelas IX A. Teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Adapun teknik
pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber data.
Dari hasil penelitian dapat peneliti simpulkan: pertama, keterampilan
membaca Al-Qur’an pada peserta didik di kelas IX A SMP Negeri 2
Pontianak sudah dapat dikatakan cukup baik, jika dilihat dari hasil tes bacaan
Al-Qur’an peserta didik lebih banyak yang terampil dalam membaca Al-
Qur’an dibandingkan dengan peserta didik yang kurang terampil dalam
membaca Al-Qur’an. Kemudian peran guru PAI dalam meningkatkan
keterampilan membaca Al-Qur’an aspek kelancaran membaca Al-Qur’an
yaitu: sebagai pengajar yakni membiasakan peserta didiknya membaca Al-
Qur’an. Sebagai teladan yakni guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan
yakni ikut membaca Al-Qur’an pada saat literasi membaca Al-Qur’an di
kelas. Sebagai fasilitator yakni guru Pendidikan agama islam menyediakan
fasilitas seperti Al-Qur’an. Sebagai motivator yakni guru Pendidikan Agama
Islam mengikutsertakan peserta didik yang terampil atau memiliki bakat
dalam membaca Al-Qur’an guna agar peserta didik yang lain dapat
termotivasi dengan peserta didik yang terampil dalam membaca Al-Qur’an.
Lalu peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keterampilan
membaca Al-Qur’an aspek membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid yaitu:
sebagai pengajar yakni guru Pendidikan Agama Islam mengajarkan peserta
didiknya hukum-hukum tajwid di kelas pada saat pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Sebagai teladan yakni memberikan contoh ayat yang
mengandung hukum tajwid. Sebagai fasilitator yakni guru Pendidikan Agama
Islam memberikan fasilitas seperti buku paket guna sebagai penunjang
pembelajaran di kelas. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai
motivator yakni selalu memotivasi peserta didik agar selalu mempelajari
hukum bacaan tajwid.