Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Di SMPN 2 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Nurhasanah, Nurhasanah
dc.date.accessioned 2025-07-10T03:29:13Z
dc.date.available 2025-07-10T03:29:13Z
dc.date.issued 2023-11-18
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6777
dc.description.abstract Nurhasanah, peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an di smpn 2 pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, untuk mengetahui keterampilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Kedua, Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an aspek kelancaran dalam membaca Al-Qur’an. Ketiga, Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an aspek aspek membaca Al-Qur’an dengan kaidah tajwid. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan sumber datanya yaitu guru PAI kelas IX dan peserta didik kelas IX A. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber data. Dari hasil penelitian dapat peneliti simpulkan: pertama, keterampilan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di kelas IX A SMP Negeri 2 Pontianak sudah dapat dikatakan cukup baik, jika dilihat dari hasil tes bacaan Al-Qur’an peserta didik lebih banyak yang terampil dalam membaca Al- Qur’an dibandingkan dengan peserta didik yang kurang terampil dalam membaca Al-Qur’an. Kemudian peran guru PAI dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an aspek kelancaran membaca Al-Qur’an yaitu: sebagai pengajar yakni membiasakan peserta didiknya membaca Al- Qur’an. Sebagai teladan yakni guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan yakni ikut membaca Al-Qur’an pada saat literasi membaca Al-Qur’an di kelas. Sebagai fasilitator yakni guru Pendidikan agama islam menyediakan fasilitas seperti Al-Qur’an. Sebagai motivator yakni guru Pendidikan Agama Islam mengikutsertakan peserta didik yang terampil atau memiliki bakat dalam membaca Al-Qur’an guna agar peserta didik yang lain dapat termotivasi dengan peserta didik yang terampil dalam membaca Al-Qur’an. Lalu peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an aspek membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid yaitu: sebagai pengajar yakni guru Pendidikan Agama Islam mengajarkan peserta didiknya hukum-hukum tajwid di kelas pada saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebagai teladan yakni memberikan contoh ayat yang mengandung hukum tajwid. Sebagai fasilitator yakni guru Pendidikan Agama Islam memberikan fasilitas seperti buku paket guna sebagai penunjang pembelajaran di kelas. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator yakni selalu memotivasi peserta didik agar selalu mempelajari hukum bacaan tajwid. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Al- Qur’an en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Di SMPN 2 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account