Abstract:
MUTIATUL ADAWIYAH. Variasi Metode Mengajar Guru Pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama
Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
tentang metode apa saja yang divariasikan guru pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak, 2) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan tentang bagaimana cara memvariasikan metode pembelajaran
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak, 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kendala variasi
metode mengajar guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data di antaranya melalui observasi terlibat,
wawancara semi terstruktur serta mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi dan member check.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Metode yang divariasikan
guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah antara metode ceramah, tanya
jawab, dan demonstrasi untuk materi tujuan dan fungsi penciptaan manusia. Cara
guru dalam memvariasikan metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits pertama guru
memberikan ceramah pengantar dulu terhadap materi, kemudian guru melakukan
demonstrasi, setelah itu guru bertanya kepada siswa apa yang telah dijelaskan.
Selain itu ada kendala internal yang dialami guru Al-Qur’an Hadits kelas XI
ketika memvariasikan metode pembelajaran yaitu: kemampuan guru dalam
memvariasikan masih kurang, sehingga siswa masih banyak yang belum
memperhatikan dalam proses belajar. Kendala eksternalnya yaitu: kurangnya
sarana dan prasarana madrasah yang memadai.