Variasi Metode Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Adawiyah, Mutiatul
dc.date.accessioned 2025-07-10T02:22:27Z
dc.date.available 2025-07-10T02:22:27Z
dc.date.issued 2023-11-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6771
dc.description.abstract MUTIATUL ADAWIYAH. Variasi Metode Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang metode apa saja yang divariasikan guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana cara memvariasikan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak, 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kendala variasi metode mengajar guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data di antaranya melalui observasi terlibat, wawancara semi terstruktur serta mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Metode yang divariasikan guru pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah antara metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi untuk materi tujuan dan fungsi penciptaan manusia. Cara guru dalam memvariasikan metode pembelajaran Al-Qur’an Hadits pertama guru memberikan ceramah pengantar dulu terhadap materi, kemudian guru melakukan demonstrasi, setelah itu guru bertanya kepada siswa apa yang telah dijelaskan. Selain itu ada kendala internal yang dialami guru Al-Qur’an Hadits kelas XI ketika memvariasikan metode pembelajaran yaitu: kemampuan guru dalam memvariasikan masih kurang, sehingga siswa masih banyak yang belum memperhatikan dalam proses belajar. Kendala eksternalnya yaitu: kurangnya sarana dan prasarana madrasah yang memadai. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Variasi Metode Mengajar en_US
dc.subject Al-Qur’an Hadits en_US
dc.title Variasi Metode Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account