Abstract:
WIDYA ASHARI, NIM 12107034. Implikasi Inovasi Kualitas
Produk Pegadaian Terhadap Minat Masyarakat Dalam
Berinvestasi (Studi Kasus PT Pegadaian
Cabang UPC
Putussibau Kapuas Hulu) : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) Untuk
mengetahui inovasi kualitas produk yang dilakukan oleh pihak
pegadaian dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi
(2) Untuk mengetahui aplikasi Pegadaian Digital dapat menarik minat
masyarakat dalam investasi emas
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer dan sekunder.
Sumber data primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi
dengan lima infroman yang dimana empat informannya yaitu nasabah
pegadaiang putussibau, kapuas hulu yang mengunkan aplikasi
pegadaian digital serves dan satu informan merupakan pihak
pegadaian cabang putussibau Kapuas hulu dan untuk sumber data
sekunder buku, jurnal, skripsi dan website pegadaian indonesia.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah, inovasi kualitas produk yang
dilakukan oleh pihak Pegadaian dapat meningkatkan minat
masyarakat untuk berinvestasi melalui produk-produk yang
ditawarkan, terutama produk Tabungan Emas. Lebih lanjut lagi, peran
Pegadaian Digital Service (PDS) juga sangat penting dalam
peningkatan nasabah karna berbagai kemudahan yang ditawarkan
sehingga masyarakat lebih mudah untuk menyisishkan pendapatan
atau tabungannya untuk berinvestasi.