Abstract:
Penelitian ini membahas tentang masalah pengaruh produk, harga, promosi
dan tempat terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di Kota
Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh produk,
harga, promosi dan tempat secara parsial terhadap keputusan konsumen membeli
Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. (2) untuk mengetahui pengaruh produk,
harga, promosi dan tempat secara simultan terhadap keputusan konsumen
membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. (3) untuk mengetahui variabel yang
paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di
Kota Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah
membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak, dengan sampel sebanyak 100
responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan
metode pengumpulan sampel secara kebetulan (incidental sampling).
Uji hipotesis pengaruh secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa produk,
harga dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. Uji hipotesis pengaruh secara parsial
(uji t) menunjukkan bahwa hanya tempat yang berpengaruh signifikan terhadap
keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak.
Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara produk, harga,
promosi dan tempat terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di
Kota Pontianak. Berdasarkan nilai ketepatan model menunjukkan bahwa semua
variabel hanya dapat menjelaskan variabel keputusan konsumen sebesar 25,6%.
Oleh karena itu semua variabel secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang
tidak terlalu besar, karena dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis
yang telah dilakukan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi keputusan
konsumen adalah tempat.