Abstract:
LUTHPIA ASSURA: Pengaruh Fitur Mobile Banking, Kualitas
Layanan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Nasabah Pada Bank
Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP IAIN
Pontianak).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur mobilr
banking, kualitas layanan, dan persepsi keamanan terhadap minat nasabah
dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. Fokus pada penelitian
ini ditujukan pada mahasiswa penerima beasiswa KIP di IAIN Pontianak,
yang sebagian besar merupakan pengguna aktif layanan perbankan digital.
Latar belakang dari penelitian ini adalah perkembangan teknologi yang
mendorong transformasi layanan perbankan menuju sistem digital, serta
pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi
ketertarikan nasabah dalam menggunakan mobile banking.
Metode penelitian yang digunakna adalah pendekatan kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kepada 87 responden.
Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equetion Modeling
berbasis Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur mobile banking dengan tstatistiknya
0,919 dan kualitas layanan dengan t-statistiknya 1,127 itu berarti
tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan
layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia. Temuan ini menunjukkan
bahwa keberadaan fitur dan kualitas layanan belum cukup untuk mendorong
peningkatan pengguna. Sementara itu, persepsi keamanan dengan tstatistiknya
4,951 terbutkti berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.
Hal ini menunjukkan bahwa rasa aman dan kepercayaan terhadap sistem
menjadi faktor kunci dalam keputusan menggunakan layanan mobile
banking.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia
perlu memprioritaskan penguatan aspek keamanan digital dalam strategi
pengembangan layanan, agar dapat meningkatkan kepercayaan dan minat
nasabah terhadap mobile banking.