PENGARUH FITUR MOBILE BANKING, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIP IAIN PONTIANAK)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Roma, Kholifuddin
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Firman, Firman
dc.contributor.author Assura, Luthpia
dc.date.accessioned 2025-07-07T03:31:01Z
dc.date.available 2025-07-07T03:31:01Z
dc.date.issued 2025-06-12
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6727
dc.description.abstract LUTHPIA ASSURA: Pengaruh Fitur Mobile Banking, Kualitas Layanan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP IAIN Pontianak). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur mobilr banking, kualitas layanan, dan persepsi keamanan terhadap minat nasabah dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. Fokus pada penelitian ini ditujukan pada mahasiswa penerima beasiswa KIP di IAIN Pontianak, yang sebagian besar merupakan pengguna aktif layanan perbankan digital. Latar belakang dari penelitian ini adalah perkembangan teknologi yang mendorong transformasi layanan perbankan menuju sistem digital, serta pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi ketertarikan nasabah dalam menggunakan mobile banking. Metode penelitian yang digunakna adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kepada 87 responden. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equetion Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur mobile banking dengan tstatistiknya 0,919 dan kualitas layanan dengan t-statistiknya 1,127 itu berarti tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia. Temuan ini menunjukkan bahwa keberadaan fitur dan kualitas layanan belum cukup untuk mendorong peningkatan pengguna. Sementara itu, persepsi keamanan dengan tstatistiknya 4,951 terbutkti berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa rasa aman dan kepercayaan terhadap sistem menjadi faktor kunci dalam keputusan menggunakan layanan mobile banking. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia perlu memprioritaskan penguatan aspek keamanan digital dalam strategi pengembangan layanan, agar dapat meningkatkan kepercayaan dan minat nasabah terhadap mobile banking. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Fitur Mobile Banking en_US
dc.subject Kualitas Layanan en_US
dc.subject Persepsi Keamanan en_US
dc.subject Minat Nasabah en_US
dc.subject Bank Syariah Indonesia en_US
dc.title PENGARUH FITUR MOBILE BANKING, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIP IAIN PONTIANAK) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account