Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren
Raudhlatul Ulum Al-Khaliliyah. Sebagaimana bahwasan nya dari masing masing pondok pesantren
mestinya memiliki ciri has masing masing. Serta memiliki keunggulan dalam rangka senantiasa
menjadi titik fokus dalam menigkatkan tingkat keberhasilan para santri dalam meraih prestasi. Baik
prestasi yang bersipat internal maupun eksternal. Pondok pesantren Raudhlatul Ulum sangat
memperhatikan dan mengungulkan kitab kuning sebagai acuan dalam keberadaan pondok pesantren,
guna adanya titik terang terkait pembelajaran yang diunggulkan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendiskripsikan dan mengetahui secara faktual tentang. (1). Menemukan keunggulan
pembelajaran kitab kuning (2). Menganalisis Apa yang melatar belakangi pembelajaran kitab kuning
sebagai keunggulan. (3). Menemukan jenis jenis kitab kuning apa saja yang menjadi keunggulan. (4).
Mengapa kitab kitab kuning tersebut menjadi pembelajaran kitab kuning keunggulan. (5).
Mengevaluasi standar pencapaian pembelajaran kitab kuning .(6). Menemukan Proses Pembelajaran
Kitab Kuning.(7). Bagaimana cara pencapaian prestasi dalam pembelajaran kitab kuning sebagai
penopang keunggulan pondok pesantren Raudhlatul Ulum Al-Khaliliyah dalam kurun waktu lima
tahun terakhir (8). faktor pendukung dan penghambat capaian prestasi akademik pembelajaran kitab
kuning di Pondok Pesantren Raudhlaul Ulum Al-Khaliliyah sehingga menjadi unggul.
Jenis penelitian ini berupa Grounded Theory Research, menggunakan metode eksploratif
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data dengan obsvasi,
wawancara, dan dokumentasi yang memaparkan data tentang, standar oprasional pembelajaran kitab
kuning, cara pencapaian, serta faktor pendukung meningkatnya prestasi. Teknik pengelolaan data dan
analisis data menggunakan metode interaktif dengan tahapan tahapan pengumpulan data, reduksi
data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang disajikan secara utuh, konferhensip.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keunggulan pembelajaran kitab kuning, melalui
guru yang professional, bimbingan, penekanan kepada santri, santri berprestasi. (2). Latar belakang
keunggulan pembelajaran kitab kuning adanya kursus dan pembelajaran tambahan. (3). Kitab kuning
yang menjadi keunggulan sebanyak delapan macam- macam kitab (4). Keunggulan pembelajaran
kitab kuning yang dipelajari adalah kitab yang membahas tentang aspek ilmu nahwu dan terkait lima
aspek (5).Standar pencapaian pembelajaran kitab kuning meliputi, pertama, standar kompetensi
ustadz melalui kriteria menjadi guru pembelajaran kitab kuning,kedua, standar isi terkait materi yang
dipelajari dalam pembelajaran kitab kuning, ketiga, standar proses pembelaran kitab kuning,
keempat, standar penilaian, keenam, standar sarana prasarana, ketujuh, standar pembiayayaan. (6).
cara pencapaian prestasi dalam pembelajaran kitab kuning sebagai penopang keunggulan. Melalui
perencanaan system pembelajaran kitab kuning dengan, menentukan tujuan, menyusun program
mahir baca kitab kuning, melakukan tahapan bimbingan, membentuk organisasi, pengelompokan
dalam pembelajaran kitab kuning, pengelolaan kurikulum melalui, metode pembelaran kitab kuning,
dan mengadakan evaluasi. (7). Proses pembelajaran kitab kuning meliputi metode pembelajaran, dan
perencanaan pembelajaran (8). faktor pendukung capaian prestasi akademik pembelajaran kitab
kuning sehingga menjadi unggul. Adalah faktor internal, SDM Ustadz, motivasi santri, kepercayaan
masyarakat, dan memaksilakan proses pembelajaran faktor eksternal. Adanya relasi dengan berbagai
pihak. Faktor sarana prasarana yang memadai serta faktor pembiayaan dan keuangan.