PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI KEUNGGULAN DI PONDOK PESANTREN RAUDHLATUL ULUM AL-KHALILIYAH PARIT SURABAYA SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin
dc.contributor.advisor Suino
dc.contributor.author HAMIDILUDDIN
dc.date.accessioned 2022-06-10T13:33:51Z
dc.date.available 2022-06-10T13:33:51Z
dc.date.issued 2021-01-25
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/671
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Raudhlatul Ulum Al-Khaliliyah. Sebagaimana bahwasan nya dari masing masing pondok pesantren mestinya memiliki ciri has masing masing. Serta memiliki keunggulan dalam rangka senantiasa menjadi titik fokus dalam menigkatkan tingkat keberhasilan para santri dalam meraih prestasi. Baik prestasi yang bersipat internal maupun eksternal. Pondok pesantren Raudhlatul Ulum sangat memperhatikan dan mengungulkan kitab kuning sebagai acuan dalam keberadaan pondok pesantren, guna adanya titik terang terkait pembelajaran yang diunggulkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengetahui secara faktual tentang. (1). Menemukan keunggulan pembelajaran kitab kuning (2). Menganalisis Apa yang melatar belakangi pembelajaran kitab kuning sebagai keunggulan. (3). Menemukan jenis jenis kitab kuning apa saja yang menjadi keunggulan. (4). Mengapa kitab kitab kuning tersebut menjadi pembelajaran kitab kuning keunggulan. (5). Mengevaluasi standar pencapaian pembelajaran kitab kuning .(6). Menemukan Proses Pembelajaran Kitab Kuning.(7). Bagaimana cara pencapaian prestasi dalam pembelajaran kitab kuning sebagai penopang keunggulan pondok pesantren Raudhlatul Ulum Al-Khaliliyah dalam kurun waktu lima tahun terakhir (8). faktor pendukung dan penghambat capaian prestasi akademik pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Raudhlaul Ulum Al-Khaliliyah sehingga menjadi unggul. Jenis penelitian ini berupa Grounded Theory Research, menggunakan metode eksploratif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data dengan obsvasi, wawancara, dan dokumentasi yang memaparkan data tentang, standar oprasional pembelajaran kitab kuning, cara pencapaian, serta faktor pendukung meningkatnya prestasi. Teknik pengelolaan data dan analisis data menggunakan metode interaktif dengan tahapan tahapan pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang disajikan secara utuh, konferhensip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keunggulan pembelajaran kitab kuning, melalui guru yang professional, bimbingan, penekanan kepada santri, santri berprestasi. (2). Latar belakang keunggulan pembelajaran kitab kuning adanya kursus dan pembelajaran tambahan. (3). Kitab kuning yang menjadi keunggulan sebanyak delapan macam- macam kitab (4). Keunggulan pembelajaran kitab kuning yang dipelajari adalah kitab yang membahas tentang aspek ilmu nahwu dan terkait lima aspek (5).Standar pencapaian pembelajaran kitab kuning meliputi, pertama, standar kompetensi ustadz melalui kriteria menjadi guru pembelajaran kitab kuning,kedua, standar isi terkait materi yang dipelajari dalam pembelajaran kitab kuning, ketiga, standar proses pembelaran kitab kuning, keempat, standar penilaian, keenam, standar sarana prasarana, ketujuh, standar pembiayayaan. (6). cara pencapaian prestasi dalam pembelajaran kitab kuning sebagai penopang keunggulan. Melalui perencanaan system pembelajaran kitab kuning dengan, menentukan tujuan, menyusun program mahir baca kitab kuning, melakukan tahapan bimbingan, membentuk organisasi, pengelompokan dalam pembelajaran kitab kuning, pengelolaan kurikulum melalui, metode pembelaran kitab kuning, dan mengadakan evaluasi. (7). Proses pembelajaran kitab kuning meliputi metode pembelajaran, dan perencanaan pembelajaran (8). faktor pendukung capaian prestasi akademik pembelajaran kitab kuning sehingga menjadi unggul. Adalah faktor internal, SDM Ustadz, motivasi santri, kepercayaan masyarakat, dan memaksilakan proses pembelajaran faktor eksternal. Adanya relasi dengan berbagai pihak. Faktor sarana prasarana yang memadai serta faktor pembiayaan dan keuangan. en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kitab Kuning, Keunggulan. en_US
dc.title PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI KEUNGGULAN DI PONDOK PESANTREN RAUDHLATUL ULUM AL-KHALILIYAH PARIT SURABAYA SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account