Abstract:
QAYUN KHATIMAH “Pengaruh Promosi Dan Labelisasi Halal
terhadap Keputusan Pembelian Donat Pada UMKM Juragan
Donat” : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan
labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pada UMKM Juragan
Donat di Kota Pontianak. Variabel promosi diukur menggunakan
indikator iklan di media, poster, dan promosi penjualan, sementara
labelisasi halal diukur melalui penggunaan gambar, tulisan, kombinasi
keduanya, serta kejelasan pada kemasan. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data
melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden. Teknis analisis
data menggunakan uji validitas Aiken's dan Evaluasi Model SEM PLS
yaitu Analisis Outer model dan analisis Inner model.
Berdasarkan pada analisis penelitian yang telah dilakukan, oleh karena
itu peneliti menyimpulkan hasil penelitian ini bahwa promosi tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
pengujian hipotesis diketahui T Statistics 1,808 < 1,96 T tabel dan P
Value sebesar 0,071 > 0,05. Sebaliknya, labelisasi halal memiliki
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil
hipotesis diketahui nilai Path Coefficient sebesar 0,555 T Statistics
4,309 > 1,96 T tabel dan P Value sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan).
Secara keseluruhan, labelisasi halal memberikan pengaruh yang lebih
besar dibandingkan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen.
Penelitian ini merekomendasikan UMKM untuk memprioritaskan
strategi berbasis labelisasi halal guna membangun kepercayaan
konsumen. Selain itu, strategi promosi perlu dioptimalkan untuk
meningkatkan efektivitasnya dalam memengaruhi keputusan pembelian