PENGARUH PROMOSI DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT PADA UMKM JURAGAN DONAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atiqah, Nur
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.advisor Saragih, Eka Junila
dc.contributor.advisor Baharuddin, Baharuddin
dc.contributor.author Khatimah, Qayun
dc.date.accessioned 2025-07-02T08:02:25Z
dc.date.available 2025-07-02T08:02:25Z
dc.date.issued 2025-05-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6691
dc.description.abstract QAYUN KHATIMAH “Pengaruh Promosi Dan Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Donat Pada UMKM Juragan Donat” : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pada UMKM Juragan Donat di Kota Pontianak. Variabel promosi diukur menggunakan indikator iklan di media, poster, dan promosi penjualan, sementara labelisasi halal diukur melalui penggunaan gambar, tulisan, kombinasi keduanya, serta kejelasan pada kemasan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden. Teknis analisis data menggunakan uji validitas Aiken's dan Evaluasi Model SEM PLS yaitu Analisis Outer model dan analisis Inner model. Berdasarkan pada analisis penelitian yang telah dilakukan, oleh karena itu peneliti menyimpulkan hasil penelitian ini bahwa promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan pengujian hipotesis diketahui T Statistics 1,808 < 1,96 T tabel dan P Value sebesar 0,071 > 0,05. Sebaliknya, labelisasi halal memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil hipotesis diketahui nilai Path Coefficient sebesar 0,555 T Statistics 4,309 > 1,96 T tabel dan P Value sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan). Secara keseluruhan, labelisasi halal memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merekomendasikan UMKM untuk memprioritaskan strategi berbasis labelisasi halal guna membangun kepercayaan konsumen. Selain itu, strategi promosi perlu dioptimalkan untuk meningkatkan efektivitasnya dalam memengaruhi keputusan pembelian en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Labelisasi halal en_US
dc.subject Keputusan pembelian en_US
dc.subject UMKM donat. en_US
dc.title PENGARUH PROMOSI DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT PADA UMKM JURAGAN DONAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account