dc.contributor.advisor |
Kartini, Kartini |
|
dc.contributor.advisor |
Aditya, Farninda |
|
dc.contributor.advisor |
Rahmatullah, Muhammad |
|
dc.contributor.advisor |
Budi, Firman Shantya |
|
dc.contributor.author |
Sari, Desita |
|
dc.date.accessioned |
2025-07-01T09:09:53Z |
|
dc.date.available |
2025-07-01T09:09:53Z |
|
dc.date.issued |
2023-06 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6681 |
|
dc.description.abstract |
DESITA SARI, 11910172. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring
Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan
Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas III SDN 02 Serawai
Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun Ajaran 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan peserta
didik dalam membaca nyaring sebelum menggunakan model pembelajaran
Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 02 Serawai Tahun Ajaran
2022/2023; 2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw
berbantuan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan peserta
didik dalam membaca nyaring mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 02
Serawai Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Kemampuan peserta didik dalam membaca
nyaring sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type
Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas III SDN 02 Serawai Tahun AJaran 2022/2023. 4) Peningkatan kemampuan
peserta didik dalam membaca nyaring sebelum dan sesudah diterapkan model
pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita
bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data
penelitian ini adalah peserta didik kelas III. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik observasi dengan alat pedoman observasi dan
teknik tes dengan alat tes, dan teknik dokumentasi. Untuk menganalisis datanya,
peneliti menggunakan analisis deskriptif.
Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan membaca nyaring
peserta didik kelas III SDN 02 Serawai sebelum diterapkannya model pembelajaran
Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar dari
total 22 peserta didik rata-rata 59.09%. 2) Penerapan model pembelajaran
Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar
dilakukan oleh peneliti terhadap peserta didik kelas III SDN 02 Serawai diharapkan
kemampuan membaca nyaring peserta didik mengalami peningkatan. 3)
Kemampuan membaca nyaring peserta didik setelah diterapkan model
pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita
bergambar mengalami peningkatan terlihat pada hasil post tes siklus II sebanyak 22
peserta didik dengan nilai rata-rata 78,86%. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Cooperative Learning Type Jigsaw |
en_US |
dc.subject |
media Buku Cerita Bergambar |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Membaca Nyaring |
en_US |
dc.title |
Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas III SDN 02 Serawai Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |