Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas III SDN 02 Serawai Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.author Sari, Desita
dc.date.accessioned 2025-07-01T09:09:53Z
dc.date.available 2025-07-01T09:09:53Z
dc.date.issued 2023-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6681
dc.description.abstract DESITA SARI, 11910172. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas III SDN 02 Serawai Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun Ajaran 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 02 Serawai Tahun Ajaran 2022/2023; 2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 02 Serawai Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring sesudah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 02 Serawai Tahun AJaran 2022/2023. 4) Peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas III. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dengan alat pedoman observasi dan teknik tes dengan alat tes, dan teknik dokumentasi. Untuk menganalisis datanya, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan membaca nyaring peserta didik kelas III SDN 02 Serawai sebelum diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar dari total 22 peserta didik rata-rata 59.09%. 2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar dilakukan oleh peneliti terhadap peserta didik kelas III SDN 02 Serawai diharapkan kemampuan membaca nyaring peserta didik mengalami peningkatan. 3) Kemampuan membaca nyaring peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw berbantuan media buku cerita bergambar mengalami peningkatan terlihat pada hasil post tes siklus II sebanyak 22 peserta didik dengan nilai rata-rata 78,86%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Cooperative Learning Type Jigsaw en_US
dc.subject media Buku Cerita Bergambar en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Nyaring en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Pada Peserta Didik Kelas III SDN 02 Serawai Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account