Abstract:
MUNAWWARAH. Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan
Solusinya pada Siswa Kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar
Tahun Pelajaran 2023/2024 M. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2024.
Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi
Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur’an Merupakan
kitab suci umat islam dan merupakan kitab terakhir sekaligus kitab yang
menyempurnakan seluruh ajaran kitab-kitab suci Allah SWT, sebelumnya
diturunkan kepada rasul Allah SWT yakni Zabur, Taurat, dan Injil. Al-Qur’an
juga dimaksudkan sebagai pedoman bagi umat manusia sepanjang masa.
Selain itu Al-Qur’an sebagai sarana kehidupan umat manusia di planet ini.
Al-Qur’an memuat nilai-nilai luhur melingkupi setiap aspek interaksi
manusia dengan tuhan dan sesama manusia serta hubungan manusia dengan
alam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang menjadi kendala dalam
kesulitan baca tulis Al-Qur’an yang umumnya terjadi yaitu kurangnya
pembiasaan dalam pembelajaran tersebut, faktor lingkungan Masyarakat juga
menyebabkan faktor belajar membaca Al-Qur’an terhadap siswa serta
kurangnya dukungan dari keluarga yang kurang memadai.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan : Pertama , untuk
mengetahui Problematika baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di MIS
Miftahul Ulum Punggur besar. Kedua, untuk mengetahui Solusi dari
Problematika dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di MIS
Miftahul Ulum Punggur Besar.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dan
menggunakan Pendekatan Fenomenologi . Peneliti menggunakan pendekatan
ini dikarenakan peneliti melakukan penelitian subjek yang di teliti yaitu guru
baca tulis Al-Qur’an dan keempat siswa tersebut dan akan di pantau, dilihat
dam mendeskripsikan apa yang terjadi dan yang dialami guru dan siswa
dalam proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
Problematika Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan solusinya terhadap
siswa kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar disebabkan oleh faktor
internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang sangat berpengaruh
pada kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa adalah di bagian pengucapan
dan pendengaran, psikologis di bagian minat dan perhatian, dan di bagian
kemampuan pada memahami Bahasa, mengekspresikan Bahasa, kemampuan
membaca dan kemampuan menulis. Sedangkan faktor eksternal yang dapat
mempengaruhi yaitu faktor keluarga di bagian ekonomi keluarga dan cara
orang tua mendidik, faktor sekolah bagian hubungan siswa dengan guru
danhubungan siswa dengan siswa lainnya. Faktor Masyarakat pada bagian
budaya membaca Al-Qur’an di Masyarakat dan pembelajaran Al-Qur’an di
Masyarakat.