Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Solusinya pada Siswa Kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar Tahun Pelajaran 2023/2024 M

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.author Munawwarah, Munawwarah
dc.date.accessioned 2025-07-01T02:46:49Z
dc.date.available 2025-07-01T02:46:49Z
dc.date.issued 2024-05-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6665
dc.description.abstract MUNAWWARAH. Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Solusinya pada Siswa Kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar Tahun Pelajaran 2023/2024 M. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2024. Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Al-Qur’an Merupakan kitab suci umat islam dan merupakan kitab terakhir sekaligus kitab yang menyempurnakan seluruh ajaran kitab-kitab suci Allah SWT, sebelumnya diturunkan kepada rasul Allah SWT yakni Zabur, Taurat, dan Injil. Al-Qur’an juga dimaksudkan sebagai pedoman bagi umat manusia sepanjang masa. Selain itu Al-Qur’an sebagai sarana kehidupan umat manusia di planet ini. Al-Qur’an memuat nilai-nilai luhur melingkupi setiap aspek interaksi manusia dengan tuhan dan sesama manusia serta hubungan manusia dengan alam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang menjadi kendala dalam kesulitan baca tulis Al-Qur’an yang umumnya terjadi yaitu kurangnya pembiasaan dalam pembelajaran tersebut, faktor lingkungan Masyarakat juga menyebabkan faktor belajar membaca Al-Qur’an terhadap siswa serta kurangnya dukungan dari keluarga yang kurang memadai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan : Pertama , untuk mengetahui Problematika baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur besar. Kedua, untuk mengetahui Solusi dari Problematika dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an siswa kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dan menggunakan Pendekatan Fenomenologi . Peneliti menggunakan pendekatan ini dikarenakan peneliti melakukan penelitian subjek yang di teliti yaitu guru baca tulis Al-Qur’an dan keempat siswa tersebut dan akan di pantau, dilihat dam mendeskripsikan apa yang terjadi dan yang dialami guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problematika Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan solusinya terhadap siswa kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal yang sangat berpengaruh pada kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa adalah di bagian pengucapan dan pendengaran, psikologis di bagian minat dan perhatian, dan di bagian kemampuan pada memahami Bahasa, mengekspresikan Bahasa, kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi yaitu faktor keluarga di bagian ekonomi keluarga dan cara orang tua mendidik, faktor sekolah bagian hubungan siswa dengan guru danhubungan siswa dengan siswa lainnya. Faktor Masyarakat pada bagian budaya membaca Al-Qur’an di Masyarakat dan pembelajaran Al-Qur’an di Masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.subject Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.subject Solusi en_US
dc.title Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Solusinya pada Siswa Kelas IV di MIS Miftahul Ulum Punggur Besar Tahun Pelajaran 2023/2024 M en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account