Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Tematik Materi Kegiatan Ekonomi di SDN 19 Pontianak Tenggara Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Indriyani, Intan
dc.date.accessioned 2025-07-01T02:37:16Z
dc.date.available 2025-07-01T02:37:16Z
dc.date.issued 2024-05-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6664
dc.description.abstract INTAN INDRIYANI. Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Tematik Materi Kegiatan Ekonomi di SDN 19 Pontianak Tenggara Tahun Ajaran 2023/2024.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN 19 Pontianak Tenggara.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media pembelajaran berbantuan powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN 19 Pontianak Tenggara.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment menggunakan desain One Group pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SDN 19 Pontianak Tenggara dengan sampel yang diambil yaitu kelas IV yang berjumlah 24 orang peserta didik.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non probability jenis sampling jenuh.Teknik pengambilan data menggunakan lembar angket/kuesioner dan lembar observasi guru.Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji T. Langkah-langkah yang digunakan peneliti dalam penggunaan media powtoon dalam penelitian ini yaitu : mempersiapkan media gambar dan video berbantuan powtoon yang telah disiapkan sesuai materi, mengkoordinasi peserta didik untuk mengamati dan mendiskusikan gambar dan video yang telah disajikan melalui media pembelajaran berbantuan powtoon, dan meminta peserta didik mempersentasikan hasil diskusi tentang kegiatan ekonomi di depan kelas. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan, diperoleh bahwa 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔, lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, dengan taraf signifikasi 5% membandingkan besarnya β€œt” yang tercantum pada 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙,yaitu sebesar 2,06 ( 9,00 > 2,06). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh video pembelajaran berbantuan media powtoon terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN 19 Pontianak Tenggara Tahun Ajaran 2023/2024. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject media pembelajaran en_US
dc.subject motivasi belajar en_US
dc.subject powtoon en_US
dc.title Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Tematik Materi Kegiatan Ekonomi di SDN 19 Pontianak Tenggara Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account