PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS II SD PLUS BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.author Wardani, Emi
dc.date.accessioned 2025-07-01T02:30:42Z
dc.date.available 2025-07-01T02:30:42Z
dc.date.issued 2025-06-18
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6663
dc.description.abstract EMI WARDANI, Pengaruh penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian di kelas II SD Plus Bina Empat Lima Pontianak Timur Tahun Ajaran 2025/2026: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ditemukan adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas II SD Plus Bina Empat Lima pada materi perkalian, yang diakibatkan oleh kombinasi antara kurangnya pemahaman konsep dasar perkalian, minimnya kebiasaan belajar di rumah, dan dominannya penggunaan model pembelajaran langsung oleh guru yang tidak memfasilitasi pengembangan berpikir kritis. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian di kelas II SD; (2) Kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian di kelas II SD; (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian di kelas II SD; (4) Besar pengaruh pengunaan model pembelajaran flipped classrrom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian di kelas II SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dimana terpilih kelas II A sebagai kelas kontrol dan kelas II B sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan studi dokumen. Adapun alat pengumpulan data terdiri dari soal tes, lembar observasi, dan perangkat elektronik (HP). Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran flipped classroom berhasil dilaksanakan 100%, mulai dari persiapan pembelajaran di rumah hingga pelaksanaan pembelajaran di sekolah. 2) Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 43,15 dan 47,44 di kelas eksperimen. Sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol yaitu 70,00 dan 84,85 di kelas eksperimen. 3) Hasil independent sample t test diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh. 4) Hasil perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,52 yang artinya, memberi pengaruh yang sangat besar en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Flipped Classroom en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Perkalian en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS II SD PLUS BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account