dc.description.abstract |
DEAH OKTAVIANI, 11910034. Keterampilan Guru Merancang Media Busy Book
Dalam Pembelajaran Materi hewan di Sekitarku Peserta Didik Kelas 1: Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Keterampilan Guru merancang media busy book
dalam pembelajaran materi hewan di sekitarku peserta didik kelas 1 di MadrasahI
btidaiyah Swasta Handayani Pontianak Utara. Analisis dilakukan pada 1) langkah
langkah keterampilan guru dalam merancang media busy book dalam
pembelajaran materi hewan di sekitarku. ; 2) keterampilan guru merancang
media busy book dalam pembelajaran materi hewan di sekitarku;
langkah-langkah keterampilan guru dalam merancang media busy book
dalam pembelajaran materi hewan di sekitarku.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Tempat penelitian dilakukan
di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Handayani Pontianak Utara. Sumber Data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang di
gunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah 1) Pengumpulan data:2) Reduksi data: 3) Penyajian data: 4)
Penarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah keterampilan
guru dalam merancang media busy book dalam pembelajaran materi hewan
di sekitarku terdapat 4 langkah yaitu: Menentukan konsep, Pemotongan kain
flannel, Pembuatan latar halam busy book, Penjahitan pinggir media busy
book.2) keterampilan guru dalam merancang media Busy Book dalam
pembelajaran materi hewan di sekitarku di Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Handayani Pontianak Utara dengan persentase 85% sudah sesuai dan masuk
kategori baik |
en_US |