Abstract:
Abdul Hamid (12015006). Analisis Pengaruh Digital Marketing,
Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada PT. Zhafran Insan Property Kota Pontianak: Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan
simultan dari digital marketing, kualitas pelayanan dan etika bisnis Islam
terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Zhafran Insan Property
Kota Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik menentukan sampel dalam penelitian ini
dengan cara Accidental Sampling yang merupakan bagian dari teknik
nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner berupa angket yang disebarkan melalui media
Google Form dengan menggunakan skala likert. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program
SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel digital
marketing berpengaruh signifikan dengan thitung (2,511) > rtabel (1,984) dan
signifikansi 0,014 < 0.05, secara parsial variabel kualitas pelayanan tidak
berpengaruh signifikan dengan thitung (-1,378) < rtabel (1.985) dan
signifikansi 0,171 > 0,05, dan secara parsial variabel etika bisnis Islam
berpengaruh signifikan dengan thitung (4,214) > rtabel (1,984) dan
signifikansi 0,00 < 0,05. Kemudian variabel digital marketing, kualitas
pelayanan, dan etika bisnis Islam berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan pembelian konsumen pada PT. Zhafran Insan Property Kota
Pontianak dengan nilai f hitung sebesar 74,988 > f tabel 2,70 dan signifikansi
sebesar 0,00 < 0,05.