dc.description.abstract |
U. Azliana, Penggunaan Strategi Reading Aloud Dibantu Dengan Media
Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II DI SDN 09 Teluk Keramat
Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut
Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya
kemampuan membaca dimana masih terdapat peserta didik yang memiliki
kesulitan dalam membaca, seperti penggunaan dalam tanda baca, terbata-bata
dalam membaca, pelafalan yang kurang tepat. Adapun tujuan penelitian yakni
1)
Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik sebelum
diterapkannya strategi Reading Aloud dibantu dengan media komik pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) Mendeskripsikan penerapan strategi
Reading Aloud dibantu dengan media komik untuk meningkatkan
kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,
3)
Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik sesudah
diterapkannya strategi Reading Aloud dibantu dengan media komik pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia, 4) Mendeskripsikan peningkatan
kemampuan membaca peserta didik sesudah diterapkannya strategi Reading
Aloud dibantu dengan media komik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek
penelitian yaitu peserta didik kelas II SDN 09 Teluk Keramat berjumlah 23
peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data
pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan dokumen. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan
dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan
perhitungan rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan membaca peserta didik
pada pra siklus memiliki persentase 42,39% dengan kategori cukup 2)
Penerapan pada siklus 1 dan 2 meliputi kegiatan awal, inti dan akhir dengan
durasi waktu 2x35 menit, 3) Setelah diterapkan strategi Reading Aloud, pada
siklus 1 diperoleh rata-rata 61,60% dengan kategori cukup baik, sedangkan
pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,89% pada kategori sangat baik, 4)
Terdapat peningkatan kemampuan membaca setelah melalui siklus 2 dengan
persentase akhir 81,89% pada kategori sangat baik. |
en_US |