dc.description.abstract |
NURJANAH ”Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kelas IV Di MIN 1 Sambas: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negri Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)Untuk memaparkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV sebelum menggunakan model pembelajaran (CIRC) di MIN 1 Sambas Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Untuk memapaparkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV sesudah menggunakan model pembelajaran (CIRC) di MIN 1 Sambas Tahun Ajaran 2024/2025. 3) Untuk memapaparkan pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran (CIRC) di MIN 1 Sambas Tahun Ajaran 2024/2025. 4) Untuk memaparkan seberapa besar pengaruh model (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di MIN 1 Sambas Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian Quasy Experimen. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan sampel yang digunakan yaitu kelas IV C berjumlah 26 peserta didik dan kelas IV D berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group yaitu membagi kelas menjadi dua kelompok, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Prosedur penelitian ini meliputi pretest, pemberian perlakuan, dan posttest. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pada kelas kontrol sebesar 8,3, yaitu dari skor pretest sebesar 60,19 menjadi 68,49 pada posttest. Sementara itu, pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran (CIRC), terjadi peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 8,27, dari nilai pretest sebesar 80,19 menjadi 88,46 pada posttest. Skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen mencapai 88,46. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulka n bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIN 1 Sambas. |
en_US |