dc.description.abstract |
AYU RIZKA PUTRI UTAMI “Penerapan Model Pembelajaran SAVI
dengan bantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Pada Pelajaran IPA Kelas V SDIT Haruniyah Pontianak”: Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan: (1) Hasil belajar peserta
didik sebelum menggunakan model pembelajaran savi dengan bantuan media
diorama pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran
2023/2024. (2) Penerapan model pembelajaran savi dengan bantuan media diorama
pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
(3) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran savi
dengan bantuan media diorama pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah
Pontianak tahun ajaran 2023/2024. (4) Peningkatan hasil belajar penggunaan model
pembelajaran savi dengan bantuan media diorama pada pelajaran IPA Kelas V di
SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu
peserta didik kelas V A SDIT Haruniyah yang berjumlah 25 orang dan objek
penelitian ialah peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas V A di SDIT
Haruniyah Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan
dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu soal, lembar observasi dan pedoman
dokumentasi. Teknis analisis datanya berupa (1) Uji Instrumen berupa uji validitas,
uji kelayakan instrumen (2) Analisis Kuantitatif (3) Indikator Keberhasilan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa:
1) Hasil belajar peserta didik pada pra siklus tergolong belum meningkat dibuktikan
dengan nilai rata-rata ialah 57. 2) Penerapan model pembelajaran savi dengan
bantuan media diorama ini dapat meningkatan hasil belajar peserta didik yang
mempunyai empat deskripsi kegiatan yaitu tahap persiapan (kegiatan
pendahuluan), tahap penyampaian (inti), kegiatan pelatihan (inti), tahap penampilan
hasil (tahap penutup). Hal ini ditujukan pada nilai rata-rata peserta didik dari pra
siklus, siklus I, siklus II yang semakin meningkat. 3) Hasil belajar peserta didik
setelah diterapkan model savi dengan bantuan berupa media diorama pada siklus I
memperoleh nilai rata-rata 67 atau sebesar 64% dengan 16 orang. Setelah itu
dilanjutkan pada siklus II diperoleh rata-rata adalah 84 atau sebesar 92% dengan
peserta didik yang tuntas ialah 23 orang. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar
peserta didik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum
diterapkan model savi yaitu 57 .Setelah itu, pada siklus I rata rata peserta didik naik
menjadi 67. Karena belum terjadinya peningkatan maka peneliti lanjut ke tindakan
tahap siklus II dengan rata-rata yang diperoleh adalah 84. |
en_US |