Penerapan Model Pembelajaran SAVI dengan bantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA Kelas V SDIT Haruniyah Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author Utami, Ayu Rizka Putri
dc.date.accessioned 2025-06-30T06:29:42Z
dc.date.available 2025-06-30T06:29:42Z
dc.date.issued 2024-05-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6649
dc.description.abstract AYU RIZKA PUTRI UTAMI “Penerapan Model Pembelajaran SAVI dengan bantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA Kelas V SDIT Haruniyah Pontianak”: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran savi dengan bantuan media diorama pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2023/2024. (2) Penerapan model pembelajaran savi dengan bantuan media diorama pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2023/2024. (3) Hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran savi dengan bantuan media diorama pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2023/2024. (4) Peningkatan hasil belajar penggunaan model pembelajaran savi dengan bantuan media diorama pada pelajaran IPA Kelas V di SDIT Haruniyah Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V A SDIT Haruniyah yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ialah peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas V A di SDIT Haruniyah Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu soal, lembar observasi dan pedoman dokumentasi. Teknis analisis datanya berupa (1) Uji Instrumen berupa uji validitas, uji kelayakan instrumen (2) Analisis Kuantitatif (3) Indikator Keberhasilan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik pada pra siklus tergolong belum meningkat dibuktikan dengan nilai rata-rata ialah 57. 2) Penerapan model pembelajaran savi dengan bantuan media diorama ini dapat meningkatan hasil belajar peserta didik yang mempunyai empat deskripsi kegiatan yaitu tahap persiapan (kegiatan pendahuluan), tahap penyampaian (inti), kegiatan pelatihan (inti), tahap penampilan hasil (tahap penutup). Hal ini ditujukan pada nilai rata-rata peserta didik dari pra siklus, siklus I, siklus II yang semakin meningkat. 3) Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model savi dengan bantuan berupa media diorama pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 67 atau sebesar 64% dengan 16 orang. Setelah itu dilanjutkan pada siklus II diperoleh rata-rata adalah 84 atau sebesar 92% dengan peserta didik yang tuntas ialah 23 orang. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model savi yaitu 57 .Setelah itu, pada siklus I rata rata peserta didik naik menjadi 67. Karena belum terjadinya peningkatan maka peneliti lanjut ke tindakan tahap siklus II dengan rata-rata yang diperoleh adalah 84. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran SAVI dengan bantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA Kelas V SDIT Haruniyah Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account