Abstract:
Mutmainnah, 11811281. Pengaruh Metode Drill Terhadap Bacaan
Quran Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Materi Surah Al-Ikhlas
Kelas III Di MI Miftahul Ulum Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya
Kabupaten Kubu Raya; Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK) Institut Agama Islam
Negeri(IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil bacaan Quran siswa yang
belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran
Al-Quran Hadist di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa
Limbung Kecematan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsiknan: 1) Hasil Bacaan Quran Siswa Sebelum
Diterapkannya Metode Drill; 2) Hasil Belajar Peserta didik Sesudah
Diterapkannya Metode Drill; 3)Pengaruh Penerapan Metode Drill
Terhadap Bacaan Quran Siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan jenis
Quasy Experiment atau eksperiman semu. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian One Group Pretes Posttest Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari 22 orang yang sekaligus
menjadi sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, lembar penilaian.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Instrument,Uji Normalitas
Data dan Uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel
t-test.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat
disimpulkan: (1). Hasil bacaan Quran siswa sebelum diterapkannya metode
drill dengan nilai rata-rata 65,22 dan persentase ketuntasan yaitu 27,3%; 2)
Hasil bacaan Quran siswa sesudah diterapkannya metode drill dengan nilai
rata-rata 77,2 dengan persentase 72,7% dan 3) terdapat pengaruh penerapan
metode drill terhadap bacaan Quran siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji
hipotesis (paired sampel t-test) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05.
Dengan demikian penerapan metode drill berpengaruh secara signifikansi
terhadap hasil bacaan Quran siswa.