PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA LIMBUNG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author MUTMAINNAH, MUTMAINNAH
dc.date.accessioned 2025-06-30T03:50:43Z
dc.date.available 2025-06-30T03:50:43Z
dc.date.issued 2025-05-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6648
dc.description.abstract Mutmainnah, 11811281. Pengaruh Metode Drill Terhadap Bacaan Quran Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Materi Surah Al-Ikhlas Kelas III Di MI Miftahul Ulum Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya; Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK) Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil bacaan Quran siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Limbung Kecematan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiknan: 1) Hasil Bacaan Quran Siswa Sebelum Diterapkannya Metode Drill; 2) Hasil Belajar Peserta didik Sesudah Diterapkannya Metode Drill; 3)Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Bacaan Quran Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan jenis Quasy Experiment atau eksperiman semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretes Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari 22 orang yang sekaligus menjadi sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, lembar penilaian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Instrument,Uji Normalitas Data dan Uji Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-test. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: (1). Hasil bacaan Quran siswa sebelum diterapkannya metode drill dengan nilai rata-rata 65,22 dan persentase ketuntasan yaitu 27,3%; 2) Hasil bacaan Quran siswa sesudah diterapkannya metode drill dengan nilai rata-rata 77,2 dengan persentase 72,7% dan 3) terdapat pengaruh penerapan metode drill terhadap bacaan Quran siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis (paired sampel t-test) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Dengan demikian penerapan metode drill berpengaruh secara signifikansi terhadap hasil bacaan Quran siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode Drill en_US
dc.subject Hasil Bacaan Quran en_US
dc.subject Al-Quran Hadist en_US
dc.title PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM DESA LIMBUNG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account