Pengaruh Penggunaan Metode Drill Melalui Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Azwar, Azwar
dc.contributor.author Hidayat, Sukri
dc.date.accessioned 2025-06-30T03:41:51Z
dc.date.available 2025-06-30T03:41:51Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6647
dc.description.abstract SUKRI HIDAYAT, Pengaruh Penggunaan Metode Drill Melalui Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Dilatar Belakangi adanya masalah khusus dengan kemampuan peserta didik dalam praktek teknik dasar bola voli bahwa dengan itu peneliti dalam penelitian memiliki tujuan. Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Penggunaan Metode Drill Melalui Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bola Voli Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran PJOK di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2023/2024. Peneliti ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis Quasi Experiment (Pretest and Posttest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pontianak dengan Sampling Jenus kelas (IV) A dan B . Alat pengumpulan data berupa soal tes, observasi, dan dokumentasi. Uji yang digunakan adalah uji normalitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji persamaan regresi serta uji keberartian koefisien regresi. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Kemampuan peserta didik kelas control (4A) dan kelas eksperimen (4B) dalam teknik dasar bola voli menggunakan metode drill melalui media video peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025 yaitu mempunyai rata-rata dari 53,5% ke 77,38% pada kelas control dan kelas eksperimen yaitu rata-ratanya dari 56,5% ke 80,50%. 2) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran metode drill melalu video animasi dilaksakan sesuai dengan kondisi dan proses pembelajaran. 3). Terdapat pengaruh dengan uji regresi sebesar 0,428 nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dan t hitung 1,960 < t tabel 2,101 terhadap kemampuan peserta didik dalam teknik dasar Bola Voli mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Demikan metode drill melalui video animasi berpengaruh terhadap kemampuan teknik dasar bola voli peserta didik kelas IV. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Drill en_US
dc.subject Video Animasi en_US
dc.subject Teknik Dasar en_US
dc.subject Bola Voli en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Drill Melalui Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account