Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Ayudia, Riski
dc.date.accessioned 2025-06-30T03:10:16Z
dc.date.available 2025-06-30T03:10:16Z
dc.date.issued 2024-05-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6646
dc.description.abstract RISKI AYUDIA, Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi picture and picture berbantuan media gambar materi kegiatan jual beli pada pembelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak; 2) hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan strategi picture and picture berbantuan media gambar materi kegiatan jual beli pada pembelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak; 3) bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan strategi picture and picture berbantuan media gambar materi kegiatan jual beli pada pembelajaran IPAS kelas IV di MIN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dengan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes, kamera handphone. Analisis data dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan rumus mean dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Berdasarkan data yang telah diperoleh nilai rata-rata hasil sebelum menggunakan strategi picture and picture peserta didik yaitu 68,5. (2) Hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,5. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 81,75. (3) Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan strategi picture and picture berbantuan media gambar terjadi pada prasiklus memperoleh nilai rata-rata 68,5. Sedangkan pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 74,5. Pada siklus II terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 81,75. Maka dapat disimpulkan strategi picture and picture berbantuan media gambar meningkat 20% dari siklus I ke siklus II en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Picture and Picture en_US
dc.subject Gambar en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 2 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account