PENGARUH STRATEGI ACE (ACTIVITY, CLASS DISSCUSION, EXERCISE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SAMPAI 100.000 KELAS V SD MUJAHIDIN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Sulisti, Hidayu
dc.contributor.author Amalia, Ade Bill
dc.date.accessioned 2025-06-30T01:07:34Z
dc.date.available 2025-06-30T01:07:34Z
dc.date.issued 2025-06-10
dc.identifier.citation APA (Amerikan Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6635
dc.description.abstract ADE BILL AMALIA, Pengaruh Strategi ACE (Activity, Class Disscusion, Exercise) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Sampai 100.000 Kelas V SD Mujahidin Tahun Ajaran 2024/2025: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Strategi ACE merupakan strategi yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi,strategi ini menerapkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan aktivitas belajar secara sistematik, efektif dan efesien dalam menghadapi berbagai bahan ajar.Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau biasa dikenal Hight Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk mampu menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik,logis, dan berdasarkan fakta secara tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dikelas V D (Kontrol) pada materi operasi bilangan cacah sampai 100.000. 2). Kemampuan berpikir tingkat tinggi di kelas V B (Eksperimen) pada materi operasi bilangan cacah sampai 100.000. 3). Pengaruh penerapan strategi ACE (Activity, Class Disscusion, Exercise) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi operasi bilangan cacah sampai 100.000. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas,maka digunakan jenis penelitian diatas, maka digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Mujahidin Pontianak Kelas V sebanyak 161 peserta didik. Pengambilan sample dengan teknik random sampling, berdasarkan random terhadap 5 kelas, diperoleh sample penelitian sebanyak 2 kelas. Maka peneliti mengambil 2 kelas secara acak. Kelas terpilih pertama adalah VD sebagai kelas kontrol, kelas terpilih kedua VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes,sedangkan alat pengumpulan data menggunakan soal essay,lembar observasi dan dokumentasi. Selanjutnya Analisa data menggunakan uji statistic deskriptif menggunakan SPSS,dipaparkan secara sistematis, faktual, dan kontekstual. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dibuktikan bahwa:1). Kemampuan berpikir tingkat tinggi di kelas kontrol pada saat pretest memperoleh rata-rata 13 dengan kategori rendah dan pada saat post-test 20,43 dengan kategori rendah. 2). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dikelas eksperimen pada saat pretest memperoleh rata-rata 28 dengan kategori rendah dan pada saat post-test 65,26 dengan kategori sedang .3). Berdasarkan hasil terhadap pengaruh stategi ACE (Activity, Class Disscusion, Exercise) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V pada materi operasi bilangan cacah sampai 100.000 kelas V SD Mujahidin Pontianak dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) ialah 0,000 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi ACE en_US
dc.subject Bilangan Cacah Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI ACE (ACTIVITY, CLASS DISSCUSION, EXERCISE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH SAMPAI 100.000 KELAS V SD MUJAHIDIN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account