Abstract:
ARDHI TEGUH MAULANA 11711206. Peran Guru Akidah Akhlak
dalam Membina Akhlak Siswa MAN 1 Pontianak. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan (FTIK),
Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakingi oleh jauhnya dari pemahaman siswa tentang
akhlak kepada guru, sehingga masih banyak siswa yang memiliki akhlak kurang
baik kepada guru tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Cara guru
akidah akhlak berperan dalam membina akhlak siswa di MAN 1 Pontianak 2)
Kendala guru akidah akhlak berperan dalam membina akhlak siswa di MAN 1
Pontianak 3) kegiatan shalat berjamaah
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Lokasi penelitian di MAN 1 Pontianak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan
bahwa: 1) Cara guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MAN 1
Pontianak yaitu jadwal kita buat atau tentukan jadi mereka memang sebelum
sholat itu ada waktu ketika sholat berjamaah kita semua menggiring mereka ke
aula mesjid. 2) Kendala guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di
MAN 1 Pontianak yaitu Faktor internal dari MAN 1 Pontianak pembawaan anak
dari rumah karena yang nama akhlak bisa dikatakan kebiasaan spontanitas dan
eksternal tidak perhatian dalam membina akhlak siswa hanya sebatas mengajar
diajak guru-guru membina akhlak siswa tidak sesuai dengan seragam.