Abstract:
Windi Wahyuni, Penerapan Strategi Pembelajaran Point
Counterpoint Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1
Sekadau Hulu Tahun Pelajaran 2023/2024, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam proses belajar mengajar
masih sering ditemui kasus kesulitan guru dalam menggunakan strategi
pembelajaran. Tak jarang pula peserta didik juga mengalami kesulitan
dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint pada mata pelajaran
PAI di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu dan hambatan dalam penerapan strategi
pembelajaran Point Counterpoint pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri
1 Sekadau Hulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru Pai dan peserta didik kelas
XI MIPA di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu pada tahun ajaran 2023/2024.
Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman
observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan
metode Miles dan Huberman menggunakan teknik penyajian data,
kondensasi data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: 1)
Penerapan strategi Point Counterpoint dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) di kelas XI MIPA telah dilakukan sesuai dengan langkah-
langkah dan prosedur pembelajarannya. Walaupun demikian, ada beberapa
langkah yang telah mengalami modifikasi dan belum dilaksanakan secara
optimal. Penyimpulan ini didasarkan pada fakta bahwa langkah-langkah
pembelajaran Point Counterpoint yang diterapkan telah sesuai dengan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan guru telah menjalankan
pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah strategi Point Counterpoint
yang telah ditetapkan. 2) Hambatan dalam penerapan strategi Point
Counterpoint dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang berasal
dari dalam dan faktor eksternal yang berasal dari luar.