Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counterpoint Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.author Wahyuni, Windi
dc.date.accessioned 2025-06-26T03:38:05Z
dc.date.available 2025-06-26T03:38:05Z
dc.date.issued 2024-04-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6626
dc.description.abstract Windi Wahyuni, Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counterpoint Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu Tahun Pelajaran 2023/2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam proses belajar mengajar masih sering ditemui kasus kesulitan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran. Tak jarang pula peserta didik juga mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu dan hambatan dalam penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru Pai dan peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman menggunakan teknik penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan strategi Point Counterpoint dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI MIPA telah dilakukan sesuai dengan langkah- langkah dan prosedur pembelajarannya. Walaupun demikian, ada beberapa langkah yang telah mengalami modifikasi dan belum dilaksanakan secara optimal. Penyimpulan ini didasarkan pada fakta bahwa langkah-langkah pembelajaran Point Counterpoint yang diterapkan telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan guru telah menjalankan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah strategi Point Counterpoint yang telah ditetapkan. 2) Hambatan dalam penerapan strategi Point Counterpoint dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang berasal dari dalam dan faktor eksternal yang berasal dari luar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Point Counterpoint en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counterpoint Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sekadau Hulu Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account